Breaking News

3 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Anda Pekerja Kantoran

3 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Anda Pekerja Kantoran

Apapun jenis pekerjaan anda pasti memiliki resiko kesehatan masing-masing. Bagi Anda pekerja kantoran perlu diketahui masalah kesehatan apa yang mungkin akan dihadapi oleh karyawan kantor pada umumnya?

Duduk dikursi kantor yang empuk seharian dan tidak melakukan aktivitas berat sepertinya terlihat enak dan nyaman. Namun, nyatanya cukup banyak masalah kesehatan yang harus dihadapi pekerja kantoran. Lalu apa saja masalah kesehatan tersebut?

1. Masalah Otot dan Rangka
Duduk berlama-lama didepan komputer tanpa disadari dapat mengubah postur tubuh. Hal tersebut menyebabkan masalah otot dan rangka seperti nyeri punggung dan leher, karena otot dan rangka tubuh tidak berfungsi seperti peruntukannya.

Membungkuk kedepan sewaktu bekerja untuk melihat layar komputer menempatkan stres yang luar biasa pada leher, terutama pada bagian yang menghubungkan tulang belakang dengan kepala.

Postur yang buruk juga merusak otot punggung dan bahu, karena otot ini memanjang secara berlebihan untuk membungkuk di atas keyboard dalam waktu yang lama.

2. Masalah Kesehatan Mata
Kerusakan pada mata juga kerap menjadi langganan para pekerja kantoran. Seperti mata memerah, kelopak mata bengkak, mata iritasi dan penurunan kemampuan penglihatan serta sakit kepala dan pusing ketika berusaha untuk melihat keadaan sekitar.

Sebagian besar kondisi ini disebabkan oleh penerangan ruangan yang tidak baik, misalnya, ketika Anda seharian bekerja di depan komputer atau gadget.

3. Masalah Pendengaran
Meskipun sedikit kemungkinan bagi pekerja kantoran untuk mengalami masalah pendengaran akibat hiruk pikuk suara yang terdengar saat bekerja. Namun, beberapa penyebab berikut mungkin saja bisa membuat Anda mengalami gangguan pendengaran seperti suara hingar bingar dari gosip tetangga, dering telepon, komputer, maupun peralatan elektronik yang mengeluarkan suara dan sering digunakan.

Atau juga bisa diakibatkan oleh penggunaan headset dengan volume besar-besaran ketika Anda ingin fokus bekerja tanpa gangguan.

Jika Anda menggunakan headset sebagai peredam suara-suara tersebut, pastikan bahwa tidak menyalakan lagu terlalu kencang agar tidak merusak telinga Anda.

Jangan lupa untuk mengistirahatkan telinga Anda dari headset yang digunakan. Lepas headset sesekali untuk memberikan telinga waktu untuk bernapas.

No comments